Minggu, 05 Februari 2012

Ahli paleontologi telah menemukan pembibitan dinosaurus tertua di Bumi

Ahli paleontologi telah menemukan pembibitan dinosaurus tertua di EarthWhat itu satu-satunya hal lebih baik dari dinosaurus? Itu akan menjadi dinosaurus bayi. Paleontolog yang bekerja di Afrika Selatan telah membuat penemuan yang luar biasa di kawasan Golden Gate Highlands National Park: 10 sarang diduga milik dinosaurus herbivora Massospondylus, sebuah menahan diri dari sauropoda besar seperti Brachiosaurus.
Banyak sarang berisi telur. Yang lain terlihat dengan jejak kaki kecil. Tapi yang paling luar biasa tentang ini adalah bagaimana menemukan situs lama bersarang adalah - pada 190 juta tahun, pembibitan ini mendahului semua situs bersarang sebelumnya dikenal dengan 100 juta tahun.
Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam edisi hari ini Prosiding National Academy of Sciences (yang, ternyata, belum keluar dari bawah EDIT embargo: Makalah ini sekarang tersedia secara online), ahli paleontologi Robert Reisz dan koleganya menyimpulkan bahwa temuan mereka menyediakan tertua yang diketahui bukti bahwa dinosaurus baru lahir mangkal di sekitar lokasi sarang mereka cukup lama setelah menetas untuk setidaknya dua kali lipat dalam ukuran.
Mengapa itu penting? Untuk satu hal, berbicara banyak tentang perilaku bersarang Massospondylids bayi, belum lagi sifat sosial yang lebih luas dari seluruh spesies. LiveScience Charles Choi memperluas ide ini:

    
Situs ini ... tampaknya menjadi salah satu yang populer untuk perawatan hari dino, sebagai sarang ditemukan di setidaknya tiga lapisan yang berbeda dalam penggalian batu, masing-masing menunjukkan sudut pandang yang berbeda dalam waktu. Bahkan, para peneliti menyarankan para ibu dinosaurus mungkin kembali berulang kali ke situs. Juga, fakta bahwa beberapa sarang yang ditemukan dalam lapisan yang sama - dan dengan demikian diletakkan pada waktu yang sama - mengungkapkan dinosaurus mungkin berkumpul dalam kelompok untuk bertelur, bukti tertua dari perilaku seperti dalam catatan fosil.
Menurut David Evans, kurator paleontologi vertebrata di Royal Ontario Museum di Kanada, penemuan menyoroti beberapa cahaya yang sangat dibutuhkan pada perilaku reproduksi dinosaurus awal.
"Meskipun catatan fosil dinosaurus sangat luas, sebenarnya kita memiliki informasi fosil sangat sedikit tentang biologi reproduksi mereka, terutama untuk awal dinosaurus," jelas Evans. Dia melanjutkan:

    
Rangkaian yang menakjubkan dari 190 juta sarang tahun memberi kita melihat rinci pertama pada reproduksi dinosaurus awal sejarah evolusioner mereka, dan dokumen pada jaman dahulu strategi bersarang yang hanya dikenal lama kemudian dalam catatan dinosaurus.
Baca lebih lanjut tentang penemuan belum pernah terjadi sebelumnya atas pada LiveScience.Artis penafsiran 190-juta, tahun Massospondylusnests, telur, tukik dan orang dewasa oleh Julius Csotonyi

1 komentar: